SUDUT PANDANG


Sudut pandang adalah sebuah cara seseorang dalam melihat sebuah objek, dimana setiap orang memiliki pandangan yang berbeda pada objek yang sama.

Contohnya seperti ilustrasi diatas menunjukan perdebatan diantara kedua orang tersebut karena mereka meyakini sudut pandangnya lah yang paling benar, yang satu mengatakan bahwa angka tersebut adalah angka 6 sedangkan yang satunya lagi mengatakan bahwa itu angka 9.

Dari ilustrasi tersebut jika kita amati, sudut pandang mereka sebenarnya sama-sama benar sehingga wajar mereka berdebat atas apa yang mereka yakini. dari kejadian diatas dapat kita petik suatu pelajaran, dimana setiap manusia memiliki keyakinan atas suatu kejadian karena mereka melihat suatu kejadian tersebut dari sudut pandangnya sendiri, untuk itu dalam menanggapi sebuah kejadian tak usah terlalu berlebihan, terkecuali sudut pandang orang tersebut tidak dapat ditoleransi dan tak masuk akal.

Maka jika berdebat dengan seseorang akibat sudut pandang yang berbeda sebaiknya kita harus bijaksana untuk menerima segala tanggapan dan argumen orang tersebut, karena mungkin yg menurut kita benar belum tentu menurut mereka benar, kita harus berbesar hati untuk menerima semua argumenya meskipun menurut kita salah.

Mungkin suatu ketika kita salah kita harus berbesar hati untuk menerima argumenya, namun jika memang sudut pandang kita lah yang benar dan setelah kita lihat dari sudut pandangnya ternyata tidak sesuai dan realita maka sebaiknya kita memberitahu dan menasihatinya dengan lembut dan kerendahan hati, dan berdoa supaya dia cepat sadar.

Kesimpulanya adalah sudut pandang manusia bisa saja berbeda, namun kebenaran tetap harus ditegakkan dengan cara yang baik, karena sebuah kebaikan datang dari proses yang baik.

No comments