KELEMAHAN SYSTEM 32 bit


1. PENDAHULUAN
Munculnya system 64 bit menimbulkan sebuah pertanyaan,  apa perbedaan diantara system 32 bit dan 64 bit, artikel ini akan membahas apa itu system 32 bit secara singkat namun akan mudah dipahami oleh pembaca, sehingga pembaca akan mudah untuk menentukan system yang tepat untuk diimplementasikan pada komputer sesuai dengan kapasitas dan kegunaanya.
Kata kunci: kelemahan system 32 bit, system 64 bit.



2. PENGERTIAN SYSTEM 32 bit
32bit, dalam arsitektur komputer adalah sebuah kata sifat yang digunakan untuk menjelaskan bahwa terdapat sebuah bilangan bulat (integer) yang memiliki panjang 32 bit. Istilah ini juga merujuk kepada istilah yang menjelaskan arsitektur mikroprosesor yang dibuat berdasarkan register prosesornya, bus alamatnya, atau bus data yang digunakannya berukuran 32 bit.

Istilah “bit” merupakan sebuah satuan data. Komputer 32 bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data dalam satu waktu. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat memproses 264 data dalam satu waktu.

Secara umum, jumlah bit komputer menunjukkan berapa banyak data yang dapat diproses, kecepatannya memproses data, dan kapasitas maksimum memori. 



3. KELEMAHAN SYSTEM 32 bit
Jika ditinjau dari segi penggunaan RAM (Random Access Memory), sistem operasi 32 bit hanya mampu menggunakan RAM berkapasitas maksimal 4 GB dan dapat berjalan optimal pada kisaran RAM 1 sampai 2 GB saja. Jika Anda menggunakan sistem operasi 32 bit pada RAM lebih dari 4 GB, komputer hanya akan membaca RAM sampai batas 4 GB saja.

Karena hanya dapat menggunakan RAM maksimal 4GB maka system 32 bit akan sulit menjalankan software-software yang membutuhkan resource RAM yang besar, sehingga tidak cocok digunakan untuk komputer yang biasa digunakan untuk aktifitas multimedia.

Apabila dipaksakan untuk menjalankan software yang memerlukan resource besar contohnya seperti adobe photoshop, adobe illustrator, android studio maupun software yang lainya, maka komputer akan hang (not responding) sehingga menghambat pekerjaan kita.


4. SOLUSI
Kelemahan yang ada pada system 32 bit adalah pada kapasitas mengolah datanya, yang tidak secepat prosesor 64 bit sehingga untuk mengatasinya kita dapat upgrade RAM menjadi lebih dari 4 GB dan mengganti prosesor yang compatible/cocok dengan system 64bit, sehingga komputer yang kita gunakan dapat berfungsi secara maksimal.


5. KESIMPULAN
Kesimpulan dari artikel ini adalah kelemahan dari system 32 bit berada pada kapasitas RAM yang digunakan terbatas hanya 4 GB saja
sehingga tidak efektif apabila sebuah komputer yang memiliki prosesor 64 bit serta RAM 8GB namun diinstal system operasi yang hanya 32 bit saja karena kinerja RAM nya tidak dapat digunakan secara maksimal, maka dibutuhkan sistem operasi 64bit guna memaksimalkan fungsi kerja RAM yang 8GB tersebut sehingga dapat digunakan secara maksimal.


Referensi:
Pengertian hang:https://www.temukanpengertian.com/2013/06/pengertian-hang.html
Generasi prosesor: http://ikrarakbar.blogspot.com/2013/04/generasi-processor-intel.html
Perbedaan 32bit dan 64 bit: https://www.kompternet.com/2016/11/perbedaan-32-bit-dan-64-bit-kekurangan.html
Perbedaan windows 32 bit dan 64 bit: https://jalantikus.com/tips/perbedaan-windows-32bit-dan-64bit/
Keunggulan dan kelemahan 32 bit: http://komshare8.blogspot.com/2017/02/keunggulan-dan-kelemahan-dari-32-bit.html


Penulis: ismail puji saputra

No comments