SEJARAH DAN ASAL-USUL MIKROTIK

Untuk anak TKJ (teknik komputer jaringan) mungkin tidak asing dengan istilah Mikrotik, berikut ini adalah sedikit tentang

SEJARAH DAN ASAL-USUL MIKROTIK



1. MikroTik adalah nama perusahaan pemegang lisensi MikoTikls yang berlokasi di Riga,
Ibukota Latvia, sebuah negara pecahan Uni Soviet yang bersebelahan dengan Rusia. Mikrotikls merupakan produsen software dan hardware router MikroTik. Dengan mikrotik maka teknologi internet menjadi lebih cepat, handal dan terjangkau untuk kalangan pengguna yang lebih luas.

2. Mikrotik RouterOS
Mikrotik RouterOS adalah sebuah sofware yang berfungsi mengubah PC (komputer) menjadi sebuah router. Mikrotik RouterOS layaknya IOS cisco yang diinstall di dalam Router Cisco, hanya saja IOS cisco tidak bisa di install di dalam komputer kecuali menggunakan emulator seperti GNS3 dan dynamips. Pada dasarnya RouterOS merupakan sistem operasi Mikrotik RouterBOARD yang berbasis Kernel Linux v2.6.


3. ROUTERBOARD
Selain bisa di install di dalam PC, mikrotik RouterOS juga bisa diinstall pada sebuah hardware khusus yang bernama RouterBOARD. Ketika kita membeli sebuah mikrotik RouterBOARD biasanya sudah tersintall RouterOS didalamnya.
sekian semoga bermanfaat :)

1 comment:

  1. Menarik artikelnya, sempat juga dulu install-2 microti di PC jadul pentium 3 utama sekali untuk nyimpan cache dengan squid-nya.

    ReplyDelete