CARA MEMBUAT USB BOOTABLE UNTUK INSTALASI SEBUAH OS

Pada kesempatan kali ini saya akan menulis tentang membuat USB BOOTABLE dengan yumi, tutorial ini menjelaskan tentang bagaimana menginstalasi komputer/laptop dengan menggunakan USB ( FLASHDISK). Berikut ini adalah caranya.


Contoh kasus kali ini saya akan menginstal OS Linux yaitu elementary OS

1. Colokan flashdisk yang akan digunakan


2. Format flashdisk


Klik kanan pada flashdisk lalu pilih format
 
setelah itu maka akan muncul gambar seperti dibawah ini



Klik start dan klik oke higga proses format selesai sehingga flasdisk kosong seperti baru.



13. Download yumi bootable
Download yumi disini 




setelah terdownload, jalankan yumi,  klik dua kali pada file yumi maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini




klik i agree dan akan muncul seperti gambar dibawah ini




Pada step 1 anda harus memilih usb yag akan digunakan untuk menginstal

Pada step ke 2 anda disuruh memilih os yang akan di instal pada kasus ini saya akan meginstal elementary os
 


Setelah anda memilih os yang akan diinstal pada step 2 anda harus memasukan os yang akan anda instal di step 3 klik browse

 


Anda akan diarahkan untuk memilih os yang akan anda burn ke flashdisk





Pilih os yang anda ingin instal lalu klik open

Dan akan menjadi seperti ini
 

Klik create
Akan muncul seperti ini

Klik yes

Muncul seperti ini
 
Tunggu hingga proses burn selesai

Setelah selesai akan muncul seperti gambar dibawah ini
 
klik next

maka akan muncul seperti dibawah ini
 
klik No

maka akan muncul seperti pada gambar dibawah ini
 
Klik Finish maka USB/Flasdisk sudah siap digunakan untuk install ulang.
 



2 comments:

  1. Keren juga Yumi ini, saya biasa menggunakan unetbootin untuk membuat life cd linux

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar sekali gan, saya tidak pernah malah menggunakan unetbootin , kadang juga saya gunakan rufus.

      Delete