Ingin Tahu Manfaat Air Kelapa Untuk Kesehatan?

Pada siang hari yang terik, minum air tentu akan menyegarkan. Namun jangan sekadar air putih biasa, tidak ada salahnya mencoba minum air kelapa. Manfaat air kelapa diyakini dapat menyehatkan tubuh.
Air kelapa diperoleh dari dalam buah kelapa muda. Sebenarnya air tersebut adalah cikal bakal isi kelapa yang berwarna putih. Selain enak dikonsumsi pada cuaca sedang panas atau sedang berkeringat, air kelapa juga bisa dikonsumsi saat seseorang sedang kehilangan banyak cairan akibat diare. Air kelapa bisa menjadi alternatif dari air putih untuk menghidrasi tubuh kembali.

Kaya kandungan Gizi

Berbagai manfaat air kelapa, antara lain :
  • Air kelapa mengandung gula dan elektrolit yang dapat menyegarkan secara alami. Tiap 30 ml air kelapa hanya mengandung 5,45 kalori dan 1,3 gram gula.
  • Bantu memenuhi kebutuhan mineral dan nutrisi yang diperlukan tubuh. Tiap 30 ml air kelapa juga mengandung 61 mg potasium dan 5,45 mg sodium. Selain itu, air kelapa juga memiliki kandungan vitamin C, kalsium, asam folat, zat besi, magnesium dan fosfor.
  • Menurut penelitian, manfaat air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh dengan cepat. Selain itu terbukti memiliki kemampuan lebih baik dibandingkan air biasa atau minuman olahraga.

Berapa Jumlah Konsumsi yang Tepat?

Bagi orang Indonesia, mengonsumsi air kelapa merupakan hal yang umum. Air kelapa dijual dengan rasa alami atau dicampur bahan-bahan lain. Lalu berapa banyak sebaiknya mengonsumsi air kelapa?
Air kelapa sebagai minuman sehari-hari dapat dianggap sebagai jus buah. Sebaiknya konsumsi cukup sekitar satu gelas per hari. Meski tergolong sehat, satu hal yang perlu diingat adalah air kelapa tetap mengandung kalori. Jika konsumsi air kelapa Anda tiap hari sekitar 236 ml per hari, maka Anda harus menghitung tambahan 45-60 kalori. Jika kemudian, kalori tambahan dari air kelapa itu tidak digunakan oleh tubuh, maka dapat meningkatkan berat badan sekitar 2 kg tiap tahun.

Perhatikan Kemungkinan Efek Samping

Wanita hamil di Indonesia kerap disarankan untuk mengonsumsi air kelapa karena dianggap bermanfaaat. Tetapi hal itu belum dapat dibuktikan secara ilmiah. Wanita hamil dan menyusui sebaiknya berhati-hati dalam mengonsumsi air kelapa. Jika ragu, konsultasikan terlebih dulu kepada dokter.
Air kelapa juga memiliki kemungkinan menurunkan tekanan darah, sekaligus meningkatkan efek obat tekanan darah tinggi. Yang juga perlu diwaspadai adalah air kelapa dapat mengganggu tekanan darah selama dan pascaoperasi. Sebaiknya hindari konsumsi air kelapa dua minggu sebelum jadwal operasi.
Kini tidak hanya diperoleh dari buah segar, air kelapa sudah banyak disajikan dalam kemasan. Jangan lupa untuk membaca label pada kemasan sebelum membeli. Jika Anda meminum air kelapa, pastikan jumlahnya sesuai kebutuhan tubuh dan tidak berlebihan. Bagi Anda yang memiliki kondisi kesehatan tertentu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi air kelapa tersebut.

sumber: http://www.alodokter.com/ingin-tahu-manfaat-air-kelapa-untuk-kesehatan

3 comments: