5 NEGARA TERKECIL DI DUNIA

Negara adalah sekumpulan orang yang menempati wilayah tertentu dan diorganisasi oleh pemerintah negara yang sah, yang umumnya memiliki kedaulatan. Negara juga merupakan suatu wilayah yang memiliki suatu sistem atau aturan yang berlaku bagi semua individu di wilayah tersebut, dan berdiri secara independent. wikipedia

berikut ini adalah 5 negara terkecil di dunia

1. Vatikan

Dalam daftar negara-negara terkecil di dunia, pusat Gereja katolik di dunia ini menempati posisi teratas. Kota Vatikan adalah negara terkecil di dunia dengan luas hanya 44 hektar dan total penduduk di sini hanya sekitar sekitar 840 orang. Bahasa resmi tempat ini Italia dan mata uang yang digunakan adalah Euro. Vatikan terletak di bukit, di dalam kota Roma.


2. Monako

Negara yang terkenal dengan sektor jasa dan barang mewah serta perjudiannya ini adalah negara terkecil kedua di dunia. Monako terletak di benua Eropa dan mata uang yang digunakan di sini adalah Euro. Balapan Formula Satu juga digelar di sana. Luas total Monako 2 km persegi dan jumlah penduduk sekitar 36.000 jiwa. Monako tercatat sebagai negara yang paling padat penduduknya di dunia.




3. Nauru

Nauru adalah negara terkecil ketiga di dunia yang terletak di Oseania. Nauru juga negara pulau terkecil di dunia. Luas total lahan Nauru adalah 21 kilometer persegi dan jumlah penduduk sekitar 9300 orang. Bahasa resmi yang digunakan di sini adalah Nauruan, dan mata uang yang digunakan adalah Dollar Australia.




4. Tuvalu

Negara yang terancam keberadaannya karena perubahan iklim ini terletak di kepulauan Oseania. Luas total lahan Tuvalu adalah 26 kilometer persegi dan jumlah penduduk di sini tercatat sekitar sepuluh ribuan jiwa. Bahasa resmi yang digunakan di Tuvalu adalah Tuvalu, dan mata uang yang digunakan adalah Dollar Australia.



5. San Marino

Negara ini terletak di bawah benua Eropa dan merupakan negara terkecil ketiga di benua ini. Luas total lahan San Marino adalah 61 kilometer persegi dan jumlah penduduk melingkupi 32.000 penduduk. Negara ini dikelilingi oleh Italia, dan Italia menjadi bahasa resmi dari San Marino. Mata uang yang digunakan di sini adalah Euro.


 dikutip dari : dw.com

No comments