BACKPACKING DARI LAMPUNG KE JOGJA

Pada bulan desember 2019 saya berencana untuk berlibur ke jogjakarta.
sayangnya saya tidak kebagian bus karena waktu yang bertepatan dengan liburan, sehingga tiket bus habis. maka saya berencana untuk melakukan perjalalan estafet.

berikut ini rincian perjalanan dari Metro (Lampung) Ke Jogjakarta.

RINCIAN BACKPACKING DARI LAMPUNG KE JOGJA

1. Metro - Rajabasa
saya berangkat dari metro selepas ashar menuju terminal rajabasa.
saya berangkat dengan menggunakan BUS jurusan Metro - Rajabasa dengan tarif Rp.15.000

2. Rajabasa - Bakauheni
Sekitar jam 5 sore saya sampai di terminal Rajabasa dan saya menggunakan BUS yang menuju dermaga eksekutif pelabuhan bakauheni dengan tarif Rp.40.000

3. Bakauheni - Merak

Sampai bakauheni sekitar jam 7:30 malam karena bus yang saya tumpangi lewat jalan tol dan sampai di dermaga eksekutif. untuk penumpang perorangan dengan kapal yang eksekutif dikenakan tarif penyeberangan Rp.50.000 dan dibayar dengan menggunakan E-money.

tiket. bakauheni ke merak

fasilitas di dermaga eksekutif sangat bagus, kursi yang bagus, dermaga yang bersih dan sebagainya. dan kapal yang kita tumpangi juga lebih cepat dari kapal di dermaga biasa.

dermaga ini sangat bagus seperti di bandara saja.

naik kapal ferry port link yang sangat bagus dan nyaman

4. Merak - Pulogebang (Terminal dijakarta)
Sampai di merak jam 11 malam dan saya berjalan ke Stasiun kereta merak yang jaraknya 1 Km dari dermaga eksekutif merak

namun saya harus kecewa karena kereta di merak beroperasi pagi jam 5. saya berinisiatif untuk menggunakan Bus dan saya lanjut berjalan kaki sekitar 1 Km menuju Terminal Bus merak. Tips aman untuk menghindari calo sebaiknya anda minum kopi terlebih dahulu sembari bertanya dengan ibu penjual kopi tentang tunjuan anda, si ibu mengutarakan BUS ke jogja adanya disiang hari, sedangkan saya ditermial sekitar jam 11:30 malam, dan ibu menyarankan saya ke terminal pulogebang jika ingin melanjutkan malam itu juga.

saya bertanya ke kondektur BUS yang tujuanya ke Terminal Pulo gebang dan ternyata BUS baru ada jam 2 malam. saya berinisiatif untuk kembali ke dermaga eksekutif merak, sebab dermaga tersebut lebih aman dan nyaman untuk berbaring sejenak daripada harus menunggu di terminal BUS yang banyak calonya dan saya rasa kurang aman.

setelah jam 2 saya kembali ke terminal BUS untuk melanjutkan perjalanan ke terminal pulo gebang yang ada di jakarta. saya menggunakan Bus arimbi dengan tarif Rp.35.000

5. Pulo Gebang - Purwokerto
Saya sampai di terminal Pulo Gebang sekitar jam 6 pagi. dan langsung menuju loket tiket di terminal pulo gebang, saya menuju ke loket Bus sinar jaya dan memesan tiket ke jogja, namun lagi-lagi tiket ke jogja habis, dan saya berinisiatif untuk menuju purwokerto.

terminal Pulo gebang sangat bersih dan aman dari calo, anda akan ditarik retribusi kebersihan dengan nominal 500 rupiah, sangat murah dengan fasilitas yang sangat bagus, toilet bersih tempat tunggu nyaman dan aman dari calo

terminal pulo gebang dari luar

dengan BUS Sinar jaya saya berangkat jam 7 pagi menuju Purwokerto dengan tarif Rp. 105.000.

6. Purwokerto - Jogjakarta
 Saya sampai di terminal BOBOTSARI Purwokerto jam 3:30 sore terminal bus Purwokerto ini juga banyak calonya, sebaiknya anda minum kopi lagi dan bertanya ibu penjual kopi dimana letak loket BUS nya. setelah ke loket BUS saya dapatkan BUS efisinesi dengan jam keberangkatan jam 4 sore.

BUS efisiensi ke Jogja harga tiketnya Rp. 80.000 dengan waktu tempuh kurang lebih 5 jam.

7. Jogjakarta (terminal giwangan)
saya sampai di jogja jam 9 malam.

yuhuuuuuuuuuuuuuu

berikut ini rincian perjalanan dan biaya saya dari Lampung ke Jogja

biaya dapat berubah seiring waktu, selamat berlibur dan utamakan keselamatan.